Usai Tumbangkan Timnas Laos , Timnas U-16 Indonesia Melaju ke Semifinal ASEAN Championship 2024

SOLO – Timnas Indonesia U-16 kalahkan Laos 6-1 dalam laga babak penyisihan Grup A ASEAN Boys Championship U-16 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, Kamis (27/6/2024) malam WIB. Hasil ini sudah cukup mengantarkan mereka ke babak semifinal.

Timnas U-16 tampil menekan sejak babak pertama bergulir. Namun, tuan rumah justru kebobolan lebih dulu usa Mathew Baker melanggar pemain Laos, Sayyavath Vansavath di kotak penalti.

Dapat kesempatan penalti, Phayak Siphanom didapuk menjadi eksekutor. Tak menyia-nyiakan peluang, sepakannya menipu kiper Indonesia hingga bisa unggul 0-1 di awal laga.

Skuad Garuda bermain sedikit terburu-buru setelah posisinya tertinggal. Beberapa peluang berbahaya justru tak bisa dieksekusi dengan baik.

Beruntung, menit ke-22 Timnas  U-16 dapat hadiah penalti usai bek Laos Ki Mounkanyah melanggar Zahaby Gholy di kotak penalti.
Gholby sendiri yang jadi algojo, mampu mengeksekusi tendangan penalti dengan baik. Sepakannya meluncur masuk ke gawang Laos. Indonesia menyamakan kedudukan 1-1.
Penampilan Garuda Asia membaik usai menyanakan kedudukan. Konsisten menyerang, menit ke-30 pemain Laos, Sayyavath Vansavath membuat kesalahan fatal.
Berusaha membuang bola sepak pojok Fabio Azkairawan dengan kepala, sundulan Vansavath malah masuk ke gawang sendiri. Alhasil, Timnas U-16 balik memimpin 2-1.
Enam menit berselang, Indonesia kembali menambah angka. Lemparan jauh Azkairawan disambut manis Josh Holong. Dieksekusi sempurna, sundulan Josh Holong merobek gawang Laos. Indonesia memimpin 3-1.
Pada menit ke-42, Laos mendapat peluang emas untuk mempertipis ketertinggalan. Namun, eksekusi sepakan mereka tak berjalan baik dan bola dinyatakan out.

Hingga penghujung babak pertama, skuad Garuda Asia masih getol menyerang. Pada menit ke-45+3, Putu Panji menambah gol untuk Timnas U-16.

Asisst Fabio disambut sundulan apik sang kapten. Indonesia menutup babak pertama dengan skor 4-1.
Memasuki babak kedua, skuad Garuda Asia tampil lebih percaya diri. Semenit setelah babak kedua dimulai, Baker melepas tendangan tendangan dari depan gawang, tetapi tendangannya masih mampu ditangkap kiper Laos.

Gholy juga sempat mencetak gol pada menit ke-50. Namun, hakim garis menyatakan pemain Timnas U-16 lebih dulu terjebak offside, sehingga gol dianulir wasit.

Timnas Laos tidak bermain tanpa perlawanan. Tekanan dikerahkan ke dekat gawang Timnas U-16. Namun, mereka kepayahan mencetak angka.

Pada menit ke-60, Josh Holong kembali mencetak untuk Timnas U-16. Dia berhasil memanfaatkan assist dari daniel Afrido. Indonesia pesta gol dengan skor 5-1.

Skuad Garuda Asia seolah masih belum puas. Serangan demi serangan dikerahkan di lapangan.
Pada menit ke-79, giliran Mierza Firjatullah menggiring bola tanpa kepungan berarti dari bek Laos. Dia pun dengan mudah melepaskan tembakan ke gawang Laos, yang membawa keunggulan tuan rumah 6-1.
Tak ada penambahan angka hingga peluit panjang dibunyikan. Timnas U-16  menang telak dengan skor 6-1 atas Laos.
Hasil ini sudah cukup mengantarkan Timnas U-16 lolos ke semifinal ASEAN Boys Championship 2024. Mereka kokoh di puncak klasemen Grup A dengan raihan sembilan poin.

author avatar
arif dengar.id

Komentar