oleh

Pemkab Dompu Usulkan 112 Program Prioritas di Musrenbang Tingkat Provinsi

Dengar.id, NTB – Pemerintah Kabupaten Dompu telah mengusulkan 112 program prioritas pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrengbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2023.

Musrengbang RKPD Provinsi NTB yang digelar di Hotel Lombok Raya Mataram, 30-31 Maret 2022.

judul gambar

“Pemkab Dompu telah mengusulkan sekitar 112 program rencana kegiatan di Kabupaten Dompu pada Pra Musrengbang RKPD NTB itu,” kata Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu Drs. Gaziamansyuri M.Ap.

Adapun besarnya anggaran dari 112 program yang diusulkan itu kata mantan Kadispora Kabupaten Dompu ini, yakni Rp. 216 Milyar.

Terhadap usulan-usulan iru, tambah Gaziamansyuri sudah dibahas secara detail, sehingga dalam pra Musrengbang itu dibagi tiga ruang pembahasan usulan sesuai dengan bidang koordinasi masing-masing bersama Organisaai Perangkat Daerah (OPD) pengampu atau OPD yang bertanggung jawab atas usulan itu di Provinsi.

Adapun rencana pembangunan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Dompu yang difasilitasi Pemprov NTB untuk diusulkan ke Pemerintah Pusat kata Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu ini, yakni sarana prasarana Pacuan Kuda Standar Internasional untuk mendukung Geopark Tambora.

Selain itu kata Gaziamansyuri Pemprov juga akan konsentrasi pada pengusulan pembangunan Pelabuhan Nusantara Kilo terutama Rencana Induk Pelabuhan (RIP), dan Analisa Dampak Kerusakan Laut. Dan juga rencana dan usulan Event Surfing bertaraf Internasional seperti Kejuaraan World Surf League (WSL) di Pantai Lakey.

Dan yang lebih penting juga kata Gaziamansyuri ada beberapa usulan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi dan menjadi atensi Provinsi untuk Kabupaten Dompu antara lain, Jalan dan Jembatan di ruas Dompu-Kecamatan Kilo.

“Ini diprioritaskan dikerjakan tahun anggaran 2023” kata H. Gaziamansyuri seraya menambahkan selain itu ada juga ruas jalan Hu,u-Nangadoro-Parado.

Revitalisasi dan refokuasisasi kawasan pariwisata Lakey, yang rencananya akan diarahkan penataan kawasan, prasarana pendukung maupun event. Tentu dengan cacatan katanya Kabupaten Dompu harus siapkan master plan vesarnya untuk jangka waktu beberapa waktu kedepan.

Komentar