oleh

Pemprov Gorontalo Kuatkan Agen Perubahan Reformasi Birokrasi

Dengar.id, Gorontalo – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar workshop penguatan agen perubahan dan optimalisasi proyek perubahan dilingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo di lantai III Kantor Bappeda, Rabu (29/6/2022).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengatakan, penguatan pada agen perubahan menjadi strategi Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam melaksanakan reformasi birokrasi.

judul gambar

“Agen perubahan atau agent of change merupakan kelompok terpilih yang menjadi pelopor perubahan dan sekaligus menjadi contoh untuk senantiasa mengedepankan integritas,” katanya.

Dikatakannya, peran agen perubahan menjadi sangat penting untuk keberlanjutan perbaikan tata kelola serta reformasi birokrasi.

“Reformasi birokrasi berpengaruh penting dalam menciptakan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih/Melayani (WBBM) di lingkungan pemerintahan,” jelas Darda.

Lebih lanjut Sekda menuturkan, sosok agen perubahan atau agent of change ini sangat diperlukan untuk membangun ZI dan menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Oleh karena itu, kegiatan workshop ini diharapkan akan ada rencana aksi yang disusun oleh agen perubahan yang dapat mempercepat pelaksanaan perubahan di lingkungan instansi perangkat daerah dengan tingkat keberhasilan yang dapat diukur dengan jelas,” harapnya.

“Beban kita ASN kedepan ini sudah berbeda dengan yang lalu, karena banyak pekerjaan yang sudah berbasis sistem elektronik. Kita harus bisa merubah pola pikir untuk mewujudkan peningkatan integritas dan kinerja birokrasi yang tinggi,” ujar Sekda Darda.

Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Gorontalo Aryanto Husain dalam sambutannya mengatakan, dalam percepatan reformasi birokrasi para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo sudah menandatangani komitmen reformasi birokrasi beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, lanjut Aryanto, pihaknya juga sudah membuat kebijakan melalui Surat Edaran (SE) Gubernur Gorontalo tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN lingkup Pemprov Gorontalo. “Kampanye Core Values BerAKHLAK telah dilakukan pada kegiatan CULTURE FEST 2021,” tutupnya.

Komentar