oleh

Penjagub Gorontalo Terima Sekaligus Dua Penghargaan Nasional dari Mendagri Tito Karnivian

Dengar.id, Gorontalo – Bukan hanya dianggal terbaik dalam pengelolaan APBD oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Provinsi Gorontalo, pun berhasil menggondol dua penghargaan sekaligus yakni sebagai terbaik satu dalam Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi dan terbaik tiga realisasi Peningkatan PAD Tertinggi.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Penjabat Gubernur (Penjagub) Gorontalo Hamka Hendra Noer dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (2/6/2022).

judul gambar

Dalam penghargaan ini, Kemendagri membagikan 4 kategori penghargaan yang diberikan dari Kementerian Dalam Negeri RI, masing-masing kategori Realisasi Pendapatan Daerah tertinggi, kategori Realisasi Belanja Daerah Tertinggi, kategori Realisasi Peningkatan PAD tertinggi dan kategori realisasi Program Taspen (Taspen Award).

Setiap kategori diberikan masing-masing kepada lima pemerintah provinsi, lima pemerintah kabupaten dan lima pemerintah kota. Untuk Provinsi Gorontalo Sendiri penghargaan diterima langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer.

Dalam sambutannya Mendagri menyebutkan, setiap daerah yang memiliki tingkat kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) terjamin akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi mumpuni.

“Terlebih, kepada daerah yang selalu memikirkan kesejahteraan ASN nya dimulai dari taraf hunian terjamin akan menekan angka penyalahgunaan wewenang dan kekuasaan. Seperti, penekanan pada kasus korupsi dapat diminimalisir,” katamya.

Menurutnya, daerah yang terjamin kesejahteraan ASN nya kecil kemungkinan terjadi kasus korupsi. Kenapa? karena kebutuhan sudah terpenuhi.

“Kalau ingin membuat ASN ini tidak korupsi maka penuhi kesejahteraannya, ketika kesejahteraan tidak terjamin maka sulit menjamin korupsi terjadi,” ujar Tito.

Mantan Kapolri ini menambahkan, jika uang merupakan darahnya sebuah organisasi. Sehingga bisa dipastikan organisasi tidak akan bisa berjalan jika tidak ada uang. Namun demikian, uang yang dimiliki sebuah organisasi harus direalisasikan dengan baik.

“Dimulai dari tahap perencanaan dan penyalurannya dan pertanggungjawabannya, sehingga dengan demikian organisasi bisa berjalan secara berkesinambunagn dan baik pula,” bebernya.

Purnawirawan Polisi ini pun berpesan agar peraih penghargaan tersebut tidak berhenti untuk terus bergerak dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerahnya. “Ini harus menjadi motivasi agar bekerja dan melayani masyarakat itu lebih baik lag kedepannya,” pungkasnya.

Komentar