oleh

Presiden, Ibu Negara dan 34 Gubernur Tanam Pohon di IKN Nusantara

Dengar.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, mengikuti prosesi penanaman pohon khas dari 34 provinsi di Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/03/22).

Acara penanaman pohon dilakukan setelah Jokowi dan puluhan gubernur melakukan proses penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi yang merupakan bagian dari ritual bernama Kendi Nusantara.

judul gambar

Berdasarkan pemantauan melalui live streaming Youtube Sekretariat Presiden, sekitar tugu titik nol IKN dilangsungkan penanaman pohon khas dari 34 provinsi di Indonesia secara bersama-sama.

Jokowi sendiri akan menanamkan pohon Meranti Merah (Shorea Leprosula). Ini merupakan pohon kayu yang berbatang tinggi dan dapat tumbuh mencapai 70 meter dengan diameter 110 cm.

Sementara itu, Iriana Jokowi akan menanam pohon Kamper (Dryobalanops Aromatica), sebuah tanaman penghasil kapur barus dan termasuk salah satu pohon yang langka. Pohon in bahkan masuk dalam status rentan.

Prosesi penanaman pohon dari 34 provinsi ini, juga diikuti seluruh Gubernur dari 34 provinsi di Indonesia. Mereka menaman beragam jenis pohon, termasuk dari daerah asal mereka masing-masing. 

Selain itu, Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan, akan berkemah di Titik Nol IKN bersama dengan seluruh gubernur dari 34 provinsi hingga esok hari.

Kegiatan berkemah ini, menjadi keseriusan pemerintah memindahkan dan membangun IKN Nusantara. Adapun beberapa pohon yang ditanam dari 34 provinsi lainnya antara lain Jempa dari Aceh, Kemiri dari Sumatera Utara, Kecapi dari DKI Jakarta, hingga Panggal Buaya dari Bali.

Komentar