oleh

Presiden Jokowi Akan Lepas Parade MotoGP Langsung di Istana

Dengar.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo akan melepas parade MotoGP di Jakarta pada hari ini, Rabu (16/3/2022).

Kegiatan ini, merupakan bagian dari promosi MotoGP Indonesia yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang akan berlangsung 18-20 Maret mendatang.

judul gambar

“20 pembalap MotoGP akan memulai paradenya, dengan rute dari Istana Merdeka sampai Hotel Kempinski. Pak Jokowi hanya melepas saja di Istana,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Sambodo menjelaskan, parade tersebut akan diikuti oleh 80 sepeda motor. 20 di antaranya merupakan 20 pembalap MotoGP, Moto3, dan LATC.

“Kegiatan ini akan diikuti oleh kurang lebih sekitar 80 pemotor. 20 dari tim MotoGP dan di belakangnya ada 60 motor dari pabrikan yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya, kata Sambodo, Polda Metro Jaya akan menutup kawasan Istana Merdeka dan Jalan Thamrin arah Hotel Kempinski mulai pukul 10.00 sampai 11.00 WIB. Sementara itu, Jalur Sudirman-Thamrin dari Bundaran Senayan hingga Medan Merdeka tetap bisa dilintasi kendaraan.

“Akan ada penutupan jalur pada saat rombongan melintas, terutama dari arah utara ke selatan. Sedang dari arah berlawanan selatan ke utara akan berjalan normal seperti biasa,” tutur dia.

Hal senada pun disampaikan oleh Dorna selaku penyelenggara MotoGP. Dalam pernyataan resminya dijelaskan, parade itu bakal dilepas oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka menuju Hotel Kempinski.

“Dua puluh lima tahun telah berlalu sejak kali terakhir MotoGP dalam semua kejayaannya menggelar balapan di Indonesia. Untuk menandai momen yang ditunggu-tunggu, penyelenggara mengadakan pertunjukan yang tidak akan pernah dilupakan oleh masyarakat Jakarta,” tulis Dorna dalam keterangan resminya.

“Para pebalap MotoGP, Moto2, Moto3 dan IATC akan turun ke jalanan di pusat Jakarta. Pemimpin parade tidak lain adalah Presiden Indonesia (Joko Widodo) sendiri,” jelas Dornal dalam keterangannya.

Adapun pembalap yang akan ikut kegiatan itu diantaranya, Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami.

Komentar