oleh

Rekap Hasil Akhir Tes Pramusim MotoGP 2022 Mandalika

Pol Espargaro Tercepat, Tim Valentino Beri Kejutan, Marquez Melorot

Dengar.id – Tuntas sudah gelaran tes pramusim MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Tes pramusim di Kawasan Ekomi Khusus (KEK) Lombok Tengah, ini adalah tes terakhir sebelum musim 2022 dimulai di Sirkuit Internasional Losail, Qatar pada 6 Maret 2022.

judul gambar

Sirkuit Mandalika sendiri akan menjadi penyelenggara seri kedua musim ini pada 20 Maret 2022 dengan titel MotoGP Indonesia.

Kembali ke tes pramusim MotoGP Mandalika, selama berlangsung tiga hari, gelaran ini telah mencatatkan untuk para pembalap dan  timnya.

Seperti yang diraih Pol Espargaro yang secara dominasi menjadi raja balap di Sirkuit Mandalika. Dalam tiga hari tes, pembalap Repsol Honda itu dua kali menjadi yang tercepat.

Pembalap berjuluk King of Fall ini membuktikan dirinya bisa melaju mulus di sirkuit yang diklaim paling indah di dunia itu. Pada sesi terakhir di hari ketiga Minggu 13 Februari 2022, ini mencatatkan rekor sebagai rider tercepat. Rekor untuk seri terakhir ini, 1 menit 31,060 detik.

Uniknya, Pol menorehkan waktu yang presisi saat jadi tercepat di sesi pertama jelang siang tadi di lintasan sepanjang 4,31 Kilometer itu.

Kompetitor terdekat Pol Espargaro adalah Fabio Quartararo, pembalap asal tim Yamaha Monster Energy. Pol hanya selisih beberapa detik dengan Quartararo yang meraih catatan waktu 1 menit 31,074 detik.

Posisi ketiga diisi Luca Marini, pembalap asal Mooney VR46 Racing Team dengan raihan waktu 1 menit 31,665 detik. Tim besutan legenda Valentino Rossi ini sempat mencatatkan rekor tercepat di hari kedua kemarin.

Kemudian posisi keempat diisi oleh rekan satu negara Pol Espargaro, yakni Aleix Espargaro, dengan raihan waktu 1 menit 31,385 detik.

Posisi kelima dikuasai oleh pembalap asal Monster Energy Yamaha lainnya, yakni Fransesco Morbidelli dengan raihan waktu 1 menit 31,416 detik.

Kemudian, juara dunia enam kali, Marc Marquez menduduki posisi ke-14 dengan raihan waktu 1 menit 31,793 detik.

Pembalap asal LCR Honda Idemitsu, Taakaki Nakagami, mencuri perhatian. Sebab, di antara pembalap lain, Nakagami melahap sebanyak 91 putaran.

Sementara pada hari pertama, Jumat (11/2/2022). Pol Espargaro melesat sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 32,466 detik.

Padahal kala itu, hujan sedang mengguyur Sirkuit Mandalika. Kondisi trek juga cukup buruk karena adanya pekerjaan konstruksi di luar sirkuit.

Posisi kedua diduduki, Tim Aprilia dengan pembalap Aleix Espargaro. Ia meraih waktu 1 menit 32.937 detik, selisih ketat dengan Pol Espargaro. Kedua pembalap ini, diketahui sama-sama berasal dari negeri Spanyol.

Kemudian, posisi ketiga diisi oleh Brad Binder pembalap tim KTM dengan meraih waktu 1 menit 32.943 detik. Pembalap Suzuki Alex Rins, harus puas duduk di posisi keempat dengan raihan waktu 1 menit 33.058 detik. Lalu, posisi kelima diambil alih oleh Fabio Quartararo, yang meraih waktu sebanyak 1 menit 33.144 detik. Sementara, Marc Marquez harus puas di posisi 17 dengan raihan waktu 1 menit 33.776 detik.

Pada sesi tes pramusim hari kedua, The Baby Alien, julukan, Marc Marquez menduduki posisi kedua dengan raihan waktu sebanyak 1 menit 31,481 detik.

Marquez tak sanggup mengalahkan Luca Marini, pembalap asal Mooney VR46 Racing Team yang meraih waktu sebanyak 1 menit 31.289 detik. Luca Marini dari Mooney VR46 Racing Team diketahui tim besutan legenda MotoGP, Valentino Rossi.

Sementara di posisi ketiga diduduki oleh Maverick Vinales, pembalap asal Aprilia Racing dengan raihan waktu 1 menit 31,516 detik.

Kemudian, pembalap tim Yamaha Monster Energy, Fabio Quartararo juga tak mau ketinggalan. Ia menduduki posisi keempat dengan raihan waktu 1 menit 31,564 detik.

Posisi kelima diduduki oleh tim Suzuki Ecstar, Joan Mir. Pembalap asal Spanyol tersebut meraih waktu sebanyak 1 menit 31,586 detik. Sedangkan, Pol Espargaro, berada di urutan ke tujuh dengan raihan waktu 1 menit 31,605 detik.

Komentar