oleh

Menpora Ingin Pemuda Telibat Aktif di G-20

Dengar.id , Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyambut baik persiapan Indonesian Youth Diplomacy (IYD) dalam menyelenggarakan Y20 Indonesia tahun 2022.

Menpora Zainudin Amali mendorong agar terus berkoordinasi dengan panitia besar G-20 dan organisasi kepemudaan dalam negeri dapat diikutsertakan secara aktif.

judul gambar

“Kita menyambut baik Y20 Indonesia 2022, karena sudah mengkoordinasikan dengan berbagai pihak,” kata Menpora Amali saat menerima audiensi Ketua sekaligus Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Menpora Amali menyampaikan, bahwa Kemenpora terus berkoordinasi dengan penanggungjawab G-20. Menpora Amali mendorong agar organisasi kepemudaan dapat diikutsertakan secara aktif.

“Selain menjadi tuan rumah kegiatan-kegiatan seperti ini, harus bisa juga mengikutsertakan teman-teman yang ada di dalam negeri, seperti organisasi kepemudaan,” tutur Menpora Amali.

Kata dia, hal itu agar pemuda-pemuda Indonesia yang tergabung dalam OKP dapat merasakan dan berperan aktif. “Tujuannya agar mereka organisasi kepemudaan tahu bahwa ini ada kegiatan G-20 dan ada kegiatan pemudanya Y20 dan bisa dirasakan semua elemen pemuda,” lanjut Menpora Amali.

Untuk itu, Ia mengingatkan agar terus berkoordinasi dengan panitia besar G-20 agar tidak terkesan merupakan kegiatan terpisah dari G-20. “Harus selalu berkoordinasi dengan panitia besar G-20 dan Kemenko Perekonomian sehingga kita tidak terkesan ada kegiatan yang terpisah,” tegasnya.

Ketua sekaligus Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar menyambut baik masukan dari Kemenpora.

Pada kesempatan itu, Victor menjelaskan empat area prioritas yang akan dibahas dalam Y20. Di antaranya, Ketenagakerjaan Pemuda, Transformasi Digital, Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni, serta Keberagamaan dan Inklusi.

“Tahun ini isu keberagaman akan kami upayakan agar menjadi topik besar yang akan dibahas. Sebagian besar isu yang diangkat adalah turunan dari G-20,” tuturnya.

Indonesia Youth Diplomacy akan mensukseskan ajang G20 melalui Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Y20 yang akan digelar di 17-24 Juli 2022 di Bandung dan Jakarta. Selain itu, kegiatan Pra-KTT akan dilaksanakan di Kota Palembang, Mandalika, Manokwari, dan Pulau Kalimantan.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan setiap gubernurnya dari empat tempat ini dan mereka menyambut baik kedatangan Y20. Terima kasih sebelumnya pak atas masukan-masukannya,” kata Michael Victor.

Komentar