oleh

Tim Putri Arum Jeram Indonesia Jaya di Kejuaraan Dunia

Dengar.id, Jakarta – Tim Putri U23 Arung Jeram Indonesia sukses meraih medali emas saat tampil di nomor Head to Head (H2H) World Rafting Championship (WRC) 2022 yang berlangsung di sungai Vrbas, Banjaluka, Bosnia Herzegovina, Eropa, pada akhir pekan lalu.

H2H adalah mengarungi sepenggal sungai berjeram dengan jarak tempuh hanya seratus sampai dua ratus meter, peserta dilepas bersandingan dan hasil tempuh terdepan melalui garis finish dibukukan untuk juara.

judul gambar

Pelatih Aceng Supendi mengatakan, pada H2H sudah terjadi manuver perahu untuk merebut alur terbaik di jeram sungai. Bahkan bisa menutup jalur jika perahu bisa sepenuhnya berada di depan lawan.

“Disiplin ini juga bisa untuk menyaksikan kepiawaian tim arung jeram dalam manuver yang akan dibutuhkan pada disiplin slalom hari ketiga lomba,” katanya.

Dikatakannya, tim junior kita meraih peringkat tertinggi secara keseluruhan setelah menyelesaikan Sprint pada posisi 4 dan Head to Head (H2H) pada posisi 1.

“Tim ini juga bertekad untuk mengambil kemenangan di nomor terakhir DRR yang akan dilaksanakan dua hari lagi di sungai Tara-Foca,” terangnya.

Pada nomor Slalom sendiri, Lanjut Aceng kita menempatkan tim Masters Women Indonesia (WMI) yang didukung oleh Bsnk BTN dan PT Timah pada posisi di peringkat 5. “Lomba Slalom adalah lomba yang dianggap paling bergengsi oleh karena menguji ketrampilan teknik para peserta dalam melalui jeram dimana ditempatkan sebanyak 14 gawang,” jelasnya.

Terdapat dua macam gawang yaitu gawang hijau yang harus dimasuki dari hulu ke hilir dan gawang merah yang harus dimasuki dari hilir ke hulu. “Lintasan jalur pada lomba ini berarus kencang sehingga dibutuhkan ketrampilan yang tinggi untuk dapat melaluinya. Sebanyak 6 gawang dipasang untuk mengarah ke hulu (upstream) dimana dua diantaranya sangat sulit untuk dapat dilalui,” paparnya.

Beberapa gawang juga ditempatkan di depan batu dan memotong jeram sehingga apabila kurang cermat dalam melewatinya dapat menyebabkan perahu terbalik atau terperangkap menempel di batu. Satu gawang upstream yaitu no tiga ditempatkan setelah gawang no 2 yang juga mengarah ke hulu dimana peserta harus melakukan transfer atau traversing dari kiri ke kanan sungai menyeberangi jeram besar.

Dalam nomor Slalom ini setiap peserta mendapat giliran dua kali pengatungan dan akan diambil waktu terbaik dari kedua pengarungan tersebut. Pada etape pertama tim Masters sempat menduduki ranking, namun secara keseluruhan menduduki ranking lima.

Kejuaraan dunia arung jeram tahun 2022 pada 29 Mei telah menuntaskan disiplin ketiga. Ini adalah perlombaan terakhir di sungai Vrbas, Banjaluka, Bosnia Herzegovina, Eropa.

Hasil slalom untuk Womens Masters adalah Slovakia berada pada peringkat teratas. Diikuti dengan Argentina dan Czech Republic di urutan ketiga.

Sedangkan tim Yunior Putri U23, peringkat kedua diambil Canada, dan menempatkan Slovakia di urutan ketiga. Kedua putri tim nasional ini akan mengikuti lomba berikut, Down River Race (DRR) pada 1 Juni.

Seluruh peserta setelah jeda untuk perjalanan ke Foca di Sungai Tarra. Kejuaraan ini, diselenggarakan oleh federasi arung jeram anggota International Rafting Federation (IRF).

Komentar