Menpora Amali Hadiri Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama Kemitraan F1 Powerboat Danau Toba

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, menghadiri Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Kerjasama Kemitraan F1 Powerboat Danau Toba di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Jl. MH Thamrin, Jakarta. 

“Kegiatan ini adalah seri pertama di tahun 2023. Saya kebetulan yang ditugaskan untuk handover bendera keketuaan Indonesia di Sharjah, Dubai waktu itu. Saya sampaikan Indonesia siap, Danau Toba siap dan komitmen dari 20 pembalap top dunia akan hadir,” kata Menpora Amali saat press conference Official Partners F1Powerboat Danau Toba Signing Ceremony, Kamis (2/2).

“Ini kelasnya sama dengan F1 darat dan seperti MotoGP Mandalika kira-kira seperti itu. Kita patut berbangga terpilih sebagai tuan rumahnya,” tambah Menpora Amali.

Menurut Menpora, Danau Toba memiliki banyak kelebihan jika di bandingkan saat balap terakhir F1 Powerboat di Sharjah. Masyarakat Indonesia patut berbangga akan hal tersebut. “Danau Toba jauh lebih enak untuk balap dan sangat jauh berbeda dengan di Sharjah. Di Danau Toba itu sejuk kalau di Sharjah itu panas. Ini satu hal yang membanggakan,” tutur Menpora Amali.

“Ajang ini sekaligus untuk menumbuhkan sektor pariwisata dan ekonomi kita, karena ini lima tahun kedepan dan bisa diperpanjang lagi. Kegiatan ini luar biasa, Pak Menko luar biasa memimpin kita, dan bapak ibu sponsor tidak akan rugi mensponsori ajang ini,” papar Menpora Amali.

Wamen II Kemen BUMN Tika Wirjoatmodjo menyampaikan, ajang F1H2O Danau Toba menjadi salah satu effort untuk menumbuhkan sektor pariwisata nasional di tahun 2023.

“Diharapkan di tahun 2024 kita bisa lebih banyak menarik wisatawan asing datang ke Danau Toba dan Indonesia. Melalui ajang dunia seperti ini branding Indonesia meningkat sekali,” tutur Tiko.

“Kita ingin 5 DSP Indonesia (Danau Toba, Mandalika, Bali, Kupang dan Borobudur) benar-benar menjadi icon pariwisata, menjadi Bali-Bali baru. Ajang ini berkelas, premium, diharapkan mendapatkan coverage luas di dunia dan sponsor juga mendapatkan coverage dunia juga dan menjadikan Danau Toba salah satu destinasi pariwisata kelas dunia,” tambahnya 

Ajang balap F1 Powerboat World Championship atau F1 H2O Toba 2023, yang merupakan rangkaian seri ajang balap perahu super cepat paling bergengsi di dunia tersebut akan dihelat pada 24-26 Februari 2023 di Danau Toba. Indonesia menjadi tuan rumah yang ke-40 dari ajang yang dihelat sejak 1984 ini. Hadir pada kesempatan ini, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Dirut InJourney Dony Oskaria dan Maya Watono, para sponsor dari ajang ini, PT Mayora Indah, PT Parna Raya, PT Sari Agrotama Persada, PT Astra Agro, PT Sinar Mas, PT Musim Mas dan Asosiasi Semen Indonesia.

author avatar
syalihin d

Komentar