Pj Bupati Sumedang Kunjungi Kebun Jagung Program Satu Hektar Buruh Tani Bangkit

Dengar.id, SUMEDANG – Pj Bupati Herman Suryatman mengunjungi kebun jagung program Satu Hektar Buruh Tani Bangkit (STARBAK) di Cisoka, Desa Sukamaju, Kecamatan Rancakalong, Sabtu (10/02/2024).

“Saya lihat langsung di lapangan hasilnya luar biasa. Baru satu bulan dan tunggu dua bulan lagi, kita akan panen jagung. Mudah-mudahan programnya lancar,” kata Herman.

Herman menyebutkan, di musim tanam kedua akan menyiapkan 10 hektare per desa.

“Bibit, pupuk, semprotan akan disiapkan dan akan kami bantu. Paska kunjungan kerja Pak Menteri Pertanian dan Pak Menteri Pertahanan, Sumedang diberikan support untuk mengembangkan Food Estate Parsitipatif. Satu desa sepuluh hektare,” kata Herman.

Herman berharap, program tersebut dapat meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Sumedang dan kesejahteraan buruh tani.

“Ini sebuah ikhtiar konkret. Desa di Kabupaten Sumedang semuanya harus produktif. Mulai dari 1 desa 1 hektare, kemudian 1 desa 10 hektare. Yang pada akhirnya semua desa se-Kabupaten Sumedang produktivitasnya meningkat,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, pihaknya siap mengawal demi suksesnya program tersebut.

“Untuk program STARBAK ini menggunakan tanah kas desa dan tentu tanah masyarakat yang siap dengan prioritas petaninya buruh tani. Berarti petani yang keterbatasan lahan, tetapi mempunyai kemampuan, keterampilan untuk mengolah lahan,” kata Herman.

author avatar
arif dengar.id

Komentar