Sri Mulyani: Transisi Kepemimpinan Nasional Melalui Pemilu Membutuhkan Peranan Pers yang Sangat Penting

Dengar.id, JAKARTA – Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Tanah Air pada Hari Pers Nasional diperingati setiap 9 Februari.

Adapun, ucapan tersebut disampaikan oleh Sri Mulyani lewat platform sosial media Instagram milikinya yakni @smindrawati pada Jumat (09/02/2024).

“Kepada seluruh insan pers yang saya hormati dan saya banggakan. Pada hari Pers Nasional tahun 2024 ini, saya, Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Republik Indonesia, mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Indonesia,” terangnya.

Menimbang tema saat ini, yakni mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa, ia menuturkan bahwa sistem demokrasi di mana transisi kepemimpinan nasional melalui pemilihan umum membutuhkan peranan pers yang sangat penting.

Sri Mulyani menuturkan bahwa peran penting tersebut adalah memberikan sumber informasi yang terpercaya, menjaga integritas pemberitaan dan berkomitmen untuk menjaga keutuhan bangsa.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa pers yang berada di garda terdepan, dinilai memiliki tanggung jawab yang penting dan besar untuk meningkatkan peradaban, membangun pemikiran, dan menjadi sumber informasi yang mencerahkan dan mengedukasi.

Sri Mulyani juga mengatakan bahwa insan pers perlu beradaptasi menimbang suasana digital teknologi yang mempengaruhi industri ini.

“Di dalam suasana di mana digital teknologi sangat mempengaruhi industri pers, maka insan pers juga harus beradaptasi. Bagaimana mampu untuk terus melaporkan, merekam, dan menyiarkan peristiwa, sejarah, dan berbagai pelajaran hidup yang penting bagi bangsa, namun tetap menjadi sumber yang terpercaya,” jelasnya.

Kemudian, ia juga berpendapat bahwa bagaimana pers tetap menjaga integritas, aktualitas, namun tetap berasaskan pada kebenaran, dengan pemberitaan yang berimbang, cerdas, dan mengedukasi menjadi bagian pembangunan martabat bangsa.

Sri juga menyebut menghargai kerja keras dan dedikasi para insan pers yang perlu untuk beradaptasi dan melawan berbagai arus perubahan. Lanjutnya, ia juga mengatakan bahwa insan pers di Indonesia tak hanya menjadi saksi pasif bagi berbagai peristiwa di Tanah Air, namun juga menjadi pelaku aktif dalam membentuk sejarah Indonesia.

Secara khusus, Sri Mulyani mengucapkan terima kasih atas nama Kementerian Keuangan bahwa pers nasional terus menjadi teman dan sekaligus menjadi partner dalam mengedukasi masyarakat di bidang keuangan negara.

“Selamat Hari Pers kepada seluruh insan Pers Nasional Indonesia. Jayalah Pers Indonesia, tetap semangat menjaga keutuhan Indonesia,” tutupnya.

author avatar
arif dengar.id

Komentar