Program Kawin Suntik pada Sapi Sukses Dilaksanakan Diskanak Sumedang

Dengar.id, SUMEDANG – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang sukses melaksanakan programnya Inseminasi Buatan (IB) pada 10.520 ekor sapi baik sapi potong maupun sapi perah selama 2023.

Kepala UPTD Pembibitan Diskanak Sumedang, Novi Sri mengatakan kalau program kawin suntik atau dikenal dengan istilah IB saat ini memang cukup diminati para peternak.
“Banyak keuntungan bila sapi dikawin secara suntik, salah satunya peternak bisa memilih keturunan yang kualitasnya lebih baik sehingga akan berdampak pada nilai ekonomis,” ucap Novi Minggu (04/02/2024).

Untuk program IB, Diskanak Sumedang telah menyiapkan bibit yang siap disuntikan sesuai permintaan peternak. Novi menyebut, dari beberapa jenis sapi yang disediakan semen bekunya oleh pihak Diskanak, jenis Simetal dan Limosin yang paling banyak diminta.
“Kedua jenis sapi ini memang secara ekonomis harganya tinggi, tak heran bila banyak peternak yang ingin keturunan sapi jenis ini,” ungkapnya.

Novi berharap, dengan melakukan perkawinan sapi secara IB maka petani bisa mendapatkan sapi yang memiliki nilai eknomis tinggi yang pada giliranya dapat turut meningkatkan pendapatan peternak.
“Untuk melayani permintaan IB pihak Diskanak Sumedang saat ini memiliki 25 petugas inseminator terdiri dari 21 inseminator sapi potong dan 4 inseminator sapi perah,” tandasnya.

author avatar
arif dengar.id

Komentar