Sektor Usaha Peternakan Berpotensi untuk Dikembangkan di Kabupaten Sumedang

Dengar.id, BANDUNG – Kabupaten Sumedang sangat potensial mengembangkan dua Sektor usaha peternakan, yakni ternak sapi potong dan ayam petelur.

“Dua sektor tersebut memang sangat cocok untuk dikembangkan di Kabuapaten Sumedang,” ungkap Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang, Mursjid Abdullah dikutip dari bisnis.com, Jumat (09/02/2024).

Menurutnya secara geografis dan kontur, daerah Sumedang memiliki padang rumput yang luas serta cuaca yang relatif mendukung untuk usaha fattening. Tidak hanya itu, Sumedang juga menjadi daerah yang cocok untuk pengembangan ayam petelur.
“Dua komoditi ini yaitu sapi potong dan ayam petelur memang memiliki petensi untuk dikembangkan dan saat ini masyarakat Sumedang harus menangkap peluang tersebut,” kata Mursjid.

Mursjid menjelaskan, secara nasional kebutuhan daging sapi masih mengandalkan impor, karena produksi dalam negeri masih kurang, sehingga hal ini menjadi peluang yang harus dimanfaatkan.
“Termasuk untuk pasar Jawa Barat dan lokal Sumedang juga saat ini masih dipasok dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, itulah sebabnya peluang peternakan sapi potong sangat terbuka lebar,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, berdasarkan catatan Diskanak Sumedang saat ini populasi sapi potong di wilayah Sumedang total sekitar 29 ribuan lebih dan ini masih kurang dan bisa terus ditingkatkan, apalagi seluruh kecamatan di Sumedang sangat potensi untuk pengembangan sapi potong.

Mursjidpun mengatakan, kalau semua kecamatan memang cocok untuk pengembangan sapi potong dan masih luasnya areal yang bisa dimanfaatkan untuk pakan.
Lebih lanjut dikatakan Mursjid, Sumedang juga memiliki potonsi besar untuk pengembangan ayam petelur, apalagi kebutuhan telur Kabupaten Sumedang masih dipasok dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.
“Dan ini juga tentunya menjadi peluang karena pangsa telur ayam masih terbuka di wilayah Sumedang,” tandasnya.
Dan pihaknya juga saat ini terus mendorong masyarakat untuk kembali meningkatkan pemeliharaan sapi potong dan ayam petelur di wilayah Kabupaten Sumedang.

author avatar
arif dengar.id

Komentar