Kemenpora Gelar Diskusi dan Kegiatan Serap Aspirasi dari Organisasi Pemuda

Dengar.id, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, membuka Talkshow Muda Memilih bertema “Membangun Manusia Indonesia” di Media Center Graha Kemenpora, Jalan Gerbang Pemuda Nomor 3, Minggu (04/01/2024).

Dalam sambutannya ia menyampaikan, gelar wicara yang menghadirkan tujuh ketua umum (Ketum) dari organisasi-organisasi mahasiswa dan kepemudaan ini merupakan bagian dari program Muda Memilih Kemenpora, bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, bertujuan ikut menyosialisasikan penyelenggaraan Pemilu 2024 di kalangan pemuda Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program Kemenpora yang berkolaborasi bersama KPU yaitu dalam menyosialisasikan Pemilu 2024. Dan hari ini, kebetulan Kemenpora menggelar nonton bareng debat terakhir dari Pilpres,” terang Menpora.

Disampaikan Menpora Dito, sebelum debat terakhir Pilpres digelar, Kemenpora mengadakan diskusi dan juga kegiatan menyerap aspirasi. Yaitu aspirasi dari komunitas serta organisasi pemuda dan aspirasi dari dunia olahraga yang diharapkan dapat diakomodasi oleh Pemerintahan yang baru kelak.

“Nantinya insyaallah bisa bermanfaat untuk meningkatkan pembangunan generasi muda kita untuk pemerintahan selanjutnya,” imbuh Menpora.

Selepas memberi sambutan, Menpora Dito lantas menyaksikan pemaparan para narasumber mengenai apa saja yang diperlukan Indonesia dalam menyongsong Indonesia Emas pada 2045 mendatang.
Setelah memaparkan materinya masing-masing, para narasumber juga melakukan diskusi satu sama lain terkait permasalahan-permasalahan Indonesia dewasa ini khususnya dalam hal kepemudaan yang membutuhkan perhatian serius Pemerintah ke depan.

Para pemimpin organisasi mahasiswa ini sepakat bahwa perlu ada keseriusan dalam pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan juga ekonomi. Kesemuanya memerlukan dukungan politik atau kebijakan yang kuat supaya dalam implementasinya bisa berjalan baik dan menyelesaikan permasalahan serta ketimpangan yang bisa menghambat bonus demografi dalam menuju Indonesia Emas.

Gelar wicara yang dihadiri puluhan peserta terdiri dari para pemuda, mahasiswa, serta aktivis ini juga bekerja sama dengan Youth Empowerment Service (YES) serta komunitas komedian tunggal Kelakar Indonesia.

Adapun para narasumber di antaranya, Ketum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bagas Kurniawan, Ketum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Abdullah Syukri, Ketum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Abdul Musyawir Yahya, Ketum Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jefri Edi Irawan Gultom, Ketum Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) I Wayan Darmawan, Ketum Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Arjuna Putra Aldino, dan Ketum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Zaky Ahmad Rivai.

author avatar
arif dengar.id

Komentar