Jelang HPN 2024, PWI Gelar Sosialisasi Pemilu Damai

Dengar.id, JAKARTA – Menjelang Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024, pada Jumat, 9 Februari 2024 mendatang di Jawa Timur.

Berbagai acara pun digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia, diantaranya sosialisasi Pemilu damai yang dikemas dengan Jalan Jalan Demokrasi, bersama KPU dan Bawaslu Sumenep, Madura.

Acara ini digelar di sebelah timur halaman Pemkab Sumenep, dihadiri langsung Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo dan perwakilan pengurus Partai Politik peserta Pemilu 2024.

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan penandatanganan deklarasi Pemilu damai, Jalan jalan Demokrasi.
Bupati Sumenep, sangat mengapresiasi acara tersebut. Sebab, kata dia, mengedukasi masyarakat secara langsung tentang pentingnya Pemilu.

“Ini merupakan acara yang bagus. Selain untuk menyehatkan tubuh, juga menyosialisasikan Pemilu,” ucapnya.

Deklarasi Pemilu Damai ini juga mencakup komitmen bersama untuk menghindari penyebaran berita palsu atau provokatif yang dapat menimbulkan konflik.

“Semua pihak terkait diharapkan bekerja sama dalam menjaga keamanan dan menyajikan informasi yang positif kepada masyarakat,” katanya.

Sementara Ketua PWI Sumenep Samsul Arifin menyampaikan, banyak terima kasih kepada seluruh elemen yang telah bersama-sama menyukseskan jalan-jalan demokrasi.

Tentu, sebagai penyelenggara memberikan suguhan yang maksimal kepada masyarakat. “Kami bersyukur peserta sangat antusias dengan acara ini,” kata Samsul sapaan karibnya.

Kegiatan tersebut menyediakan sejumlah hadiah yakni satu unit sepeda listrik, voucher umroh dan puluhan doorprize. 

Terpisah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan menggelar bakti sosial donor darah di SMAN 1 Lamongan bertema ‘Setetes Darah Dapat Menyelamatkan Nyawa Orang Lain, Selasa 6 Februari 2024.
Ketua PWI Lamongan, Kadam Mustoko mengungkapkan baksos donor darah merupakan agenda rutin setiap datang HPN.

“Donor darah sudah membudaya bagi PWI Lamongan,” ungkap Kadam.

Wartawan senior ini mengungkapkan, selain baksos dan medium berbagi, kegaiatan ini juga sebagai sarana edukasi kepada para pelajar agar giat melakukan aksi kemanusiaan.

“Untuk donor darah sasaranya pelajar, karena selain ajang berbagi juga menumbuhkan keperdulian sosial dan edukasi kesehatan,” urainya.

Hal yang sama pun telah direncanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban. Namun, pelaksanan kegiatan sosial donor darah ini pada puncak peringatan HPN mendatang.

Dalam giat sosial tersebut, PWI Tuban mengajak sejumlah Forkopimda dan stakeholder untuk ikut berpartisipasi donor darah yang akan dilaksanakan di UTD PMI Tuban.

Ketua PWI Tuban, Suwandi mengatakan, melalui kegiatan tersebut PWI ingin mengajak berbagai stakeholder dan seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti donor darah. Sebab, dengan setetes donor darah, maka bisa menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan. Selain itu, dengan rutin donor, maka bisa membuat tubuh semakin sehat.

“Donor darah ini penting, karena untuk menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan,” kata Suwandi.

Sementara itu, dalam momen HPN 2024 ini PWI juga akan menggelar potong tumpeng serta mengajak tamu undangan agar ikut.

author avatar
arif dengar.id

Komentar