Festival Pantun UNJ Pecahkan Rekor Muri

Dengar.id, Jakarta – Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang diwakili Prof. Dr. Dedi Purwana, M.Bus, membuka Festival Pantun 2023, di Aula Latif UNJ, Jakarta, Rabu (14/06/2023).

“Hari ini, Alhamdulillah kita telah pecahkan Rekor Muri dengan jumlah pantun terbanyak, pengumpulan 59.000 pantun. Ini menjadi semangat dalam memberikan kontribusi pelestarian budaya Indonesia,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Prof. Dedi menjelaskan, Pantun itu terkumpul dari peserta di seluruh Indonesia dan luar negeri. Tentu ini harus kita apresiasi kerja keras pelopor dan panitia kegiatannya. “Saya apresiasi pelopor kegiatan ini, ibu Endry Boeriswati serta seluruh panitiannya,” katanya.

Lebih lanjut Ia memaparkan, optimistismenya terhadap pantun dan industry kreatif bisa maju. “Indonesia memilik wilayah dan budaya beragam. Maka ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pantun dan industry kreatif juga di sektor ekonominya,” paparnya.

Selain itu, Prof Dedi juga menyampaikan bahwa festival pantun sejalan dengan visi misi UNJ.

“UNJ adalah pusat inovasi pendidikan, sehingga perlu diselenggarakan acara seperti festival pantun dan rekor muri ini sebagai salah satu upaya pelestarian budaya dan semoga kegiatan serupa semakin mendorong UNJ bereputasi kelas dunia,” inbuhnya.

Diketahui, tujuan khusus Festival Pantun 2023 adalah membangun inovasi dengan berfokus pada bidang budaya/multikultural pendidikan, inovasi, dan transformasi. Karena pantun adalah salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO, melalui Sidang UNESCO sesi ke-15 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Paris, Prancis, pada 17 Desember 2020. (AY)

author avatar
arif dengar.id

Komentar