Menparekraf Sandiaga Uno Tantang Pelaku Pariwisata Banggai Hadirkan Event Sport Tourism

Dengar.id, BANGGAI – Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, didorong menghadirkan event sport tourism untuk menarik minat wisatawan berkunjung.

Hal itu dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, usai dirinya bersama Bupati Banggai Amirudin, melakukan olahraga pagi, Minggu (03/12/2023) lalu.

Dikatakannya, banyak destinasi yang dapat dimaksimalkan untuk sport tourism seperti wisata berbasis olahraga lari sejauh kurang lebih 8 kilometer dari Kilo 5 menuju destinasi Air Terjun Piala.
“Titik start nya bisa di pinggir pantai, menyusuri jalanan utama Banggai kemudian berbelok menuju air terjun dengan elevasi yang cukup tinggi sekitar 300 meter,” jelasnya usai mengeksplorasi sejumlah destinasi yang ada.

Menpakeraf Sandiaga memaparkan, banyak destinasi yang dapat dimaksimalkan untuk sport tourism. “Medannya sangat menantang dan saya merasakan sensasi yang luar biasa, karena finishnya di air terjun yang sangat indah,” ujarnya.

Selain berlari, Sandiaga juga menyempatkan diri untuk berenang di sekitar Pantai Kilo 5. Menparekraf kemudian, memberi tantangan kepada para pelaku Parekraf di Banggai untuk menjadikan rute yang dijalani itu dapat dijadikan inspirasi untuk kegiatan sport tourism. Terlebih lokasi Air Terjun Piala berada di wilayah yang telah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata.

“Tahun depan (desa wisata) ini yang sudah masuk dalam 4.753 Jaringan Desa Wisata (Jadesta). Kita akan tingkatkan promosinya dan mudah-mudahan menembus 75 besar sehingga akan kita promosikan ke seluruh dunia dengan salah satu daya tariknya adalah pariwisata berbasis olahraga,” kata Sandiaga.

Selanjutnya, Menparekraf Sandiaga meninjau pelaku UMKM “Toko Wahyu” yang memproduksi berbagai makanan ringan. Ia melihat geliat UMKM di Kabupaten Banggai pada umumnya sudah cukup baik. Terlihat dari beberapa produknya, bukan hanya dipasarkan secara nasional tapi juga internasional.
“Tapi memang masih perlu banyak peningkatan khususnya dari segi pengemasan. Dan ini yang akan kita dampingi sehingga pendapatan dari UMKM ini akan bertambah,” papar Sandiaga.

Menurutnya, pihaknya akan berusaha berkolaborasi dengan Pemkab Banggai dan Kementerian/Lembaga terkait, terutama menghadirkan jaringan gas rumah tangga sehingga dapat memberi kemudahan bagi UMKM setempat dalam berproduksi.

“Itulah yang kami dorong, sehingga mudah-mudahan Kabupaten Banggai bisa menjadi kabupaten yang berkah, pendapatan masyarakat bertambah, harga-harga murah,” harap Menparekraf Sandiaga.

author avatar
arif dengar.id

Komentar