Wapres harap DBKN bisa Menjawab Tantangan dan Permasalahan bidang Kepemudaan

Dengar.id, JAKARTA – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin menyambut baik proses penyusunan Desain Besar Kepemudaan Nasional (DBKN) yang terus berproses.

“Karena melalui DBKN ini nanti, Indonesia memiliki target-target yang pasti tentang pembangunan kepemudaan,” kata Wapres seusai mengikuti Rapat Tingkat Menteri tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggara Pelayanan Kepemudaan di Istana Wakil Presiden (Wapres) RI, Kamis (25/01/2024).

Lebih lanjut Wapres berharap, DBKN ini mampu menjawab tantangan-tantangan dan permasalahan di bidang kepemudaan Tanah Air. Termasuk salah satunya dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Indonesia.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyebut, proses harmonisasi DBKN dengan seluruh stakeholder telah selesai dilakukan.

“Termasuk proses harmonisasi dengan 27 kementerian/lembaga yang terkait dengan pelayanan kepemudaan,” ujarnya.

Dikatakannya, terkait dengan desain besar kepemudaan nasional, kita baru saja menyelesaikan harmonisasi dengan seluruh stakeholder, 27 kementerian/lembaga yang terkait dengan pelayanan kepemudaan.

“Dan saat ini sudah masuk kepada tahap permohonan produk dasar hukumnya,” jelas Menpora Dito.

Menurut Menpora Dito, DBKN harus dilaksanakan dengan kolaborasi semua pihak baik kementerian-lembaga, pusat dan daerah, serta pemerintah dan swasta.

“Malahan kolaborasi harus menjadi budaya baru di lingkungan Kemenpora, berikut dengan seluruh birokrasi dan mitra kerja Kemenpora,” paparnya.

Sebagai informasi, Kemenpora menargetkan DBKN bisa diluncurkan sebelum masa pemerintahan saat ini berakhir. Supaya ke depan roadmap kepemudaan tidak terputus dan bisa berkelanjutan. Sebelumnya, Kemenpora telah menelurkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (AY)

author avatar
arif dengar.id

Komentar