Ini Skema Timnas untuk Timnas Indonesia Agar Bisa Lolos Piala Dunia 2026

JAKARTA – Timnas Indonesia berhasil lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia setelah menang 2-0 melawan Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (11/06/2024).

Namun, jalan terjal sudah menunggu Timnas Indonesia setelah lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Di pertandingan putaran ketiga, nanti akan diperebutkan tiga tiket lolos ke Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

Sistem dan format serta skema pertandingan putaran ketiga yang telah disusun konfederasi sepak bola Asia atau AFC memastikan bahwa Timnas Indonesia nantinya akan berada di grup berat untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026.

Selain lolos putaran ketiga, Timnas Indonesia juga berhak tampil di putaran final Piala Asia 2026 yang akan berlangsung di Arab Saudi.

Berikut skema pertandingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebanyak 18 timnas yang lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, akan dibagi menjadi tiga grup. Setiap grup terdiri dari enam kesebelasan.

Konfederasi sepak bola Asia akan menggelar pengundian atau drawing pembagian grup pada bulan Juli atau Agustus.

Pengundian antara lain didasarkan pada ranking FIFA terbaru setiap timnas. Pot satu akan ditempati timnas yang peringkatnya paling bagus.

Sedangkan pot dua diisi oleh tim-tim yang kualitas juga tidak kalah mentereng. Di antara 18 peserta lainnya, Timnas Indonesia lah yang ranking FIFA nya paling rendah.Karena itu, Timnas Indonesia dipastikan akan menempati pot terbawah.

Dengan pot paling akhir itulah akan menjadikan Timnas Indonesia berkumpul dengan timnas tangguh dari Asia.

Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, Qatar dan Arab Saudi dimungkinkan akan menempati pot satu jika di dasarkan pada ranking FIFA saat ini. Adapun pot dua ditempati Irak, Uzbekistan, Uni Emirat Arab, Jordania, Oman dan Bahrain.

Sedangkan pot 3 dihuni Timnas Indonesia bersama timnas negara lainnya yang lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia seperti Palestina, China, Suriah dan Kirgistan serta India.

Dengan pembagian pot seperti itu, bukan tidak mungkin timnas Indonesia akan berada satu grup dengan Jepang, Arab Saudi, Uzbekistan maupun Irak.

Putaran Ketiga

Setelah undian pembagian grup ditetapkan, Timnas Indonesia pun akan menjalani pertandingan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dijadwalkan akan berlangsung 2 September 2024 hingga 10 Juni 2025.

Dilansir dari laman FIFA, pertandingan putaran ketiga menggunakan sistem kompetisi penuh home and away.

Dua tim peringkat pertama dan kedua di setiap grup nantinya akan lolos ke Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat.

Putaran Keempat

Adapun tim yang menempati peringkat ketiga dan keempat di klasemen akhir putaran ketiga akan melanjutkan kiprahnya di pertandingan putaran keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka akan dibagi menjadi dua grup. Setiap grup berisi tiga timnas.

Pertandingan putaran keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dimulai pada Oktober 2025. Pertandingan menggunakan format home turnamen di tempat netral dengan sistem setengah kompetisi. Sehingga setiap tim hanya akan bertanding dua kali di grupnya.

Juara di setiap grup, berhak lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan tim yang menempati peringkat kedua atau runner up di setiap grup di putaran keempat ini akan bertanding lagi di laga putaran kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Putaran Kelima

Pertandingan putaran kelima yang hanya diikuti dua timnas ini, bertanding dua leg. Pemenang pertandingan akan melaju ke babak play off.

Di babak play off, Timnas wakil Asia akan bertanding memperebutkan dua tiket terakhir Piala Dunia 2026.Babak play off diikuti dua tim dari Concacaf dan masing-masing satu tim dari wilayah AFC, CAF, CONMEBOL dan OFC.

Empat negara dengan ranking terbawah akan bertemu di babak semifinal. Dua tim dengan peringkat tertinggi akan langsung melaju ke final. Pemenang dari dua pertandingan final akan lolos ke Piala Dunia 2026.

author avatar
arif dengar.id

Komentar