Timnas Indonesia Jadi Wakil ASEAN di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

JAKARTA – Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kesuksesan itu diraih, usai Tim Garuda menumbangkan Filipina 2-0 di laga pamungkas Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Dengan tambahan tiga poin itu, membuat tim asuhan Shin Tae-yong tersebut sukses mengoleksi sepuluh poin dan tidak dapat dikejar oleh pesaing terdekat, Vietnam yang mengamankan enam poin.

Pada pertandingan penentuan lainnya, Vietnam tumbang di tangan tuan rumah Irak dengan skor 1-3 pada pertandingan yang berlangsung di Basra International Stadium, Basra, Irak, Rabu dini hari.

Dengan demikian, hasil akhir Grup F ini juru kuncinya ditempati oleh Filipina yang hanya mampu mengoleksi satu poin dari enam pertandingan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sementara itu, Timnas Malaysia juga dipastikan gagal melangkah ke fase berikutnya meski di laga terakhir menang 3-1 atas Cina Taipei.

Tim Harimau Malaya kalah bersaing dengan Oman dan Kirgistan yang masing-masing mewakili Grup D.

Namun, kondisi paling nyesek justru dialami Thailand yang akhirnya juga gagal lolos ke babak ketiga.
Harus menang 3-0 kontra sesama wakil Asia Tenggara, Singapura, pasukan Negeri Gajah Putih ‘hanya’ menang 3-1.

Meski punya poin dan selisih gol yang sama dengan Cina, namun Thailand kalah head to head dari tim Tirai Bambu yang mengunci posisi runner-up di bawah raksasa Korea Selatan.

Sementara bagi Timnas Indonesia, hasil ini juga kali pertama sepanjang sejarah lolos ke babak ketiga. Tak hanya itu, skuad asuhan Shin Tae-yong juga memastikan tiket lolos langsung ke Piala Asia 2027 yang berlangsung di Arab Saudi.

author avatar
arif dengar.id

Komentar