Guna Meningkatkan Kapasitas Perangkat Daerah Pj Bupati Sumedang Bertemu Komisaris Utama PT Blue Bird

Dengar.id, SUMEDANG – Untuk meningkatkan kapasitas jajarannya terutama Kepala-kepala perangkat daerah, Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman, terus membuat terobosan.

Terbaru, dikutip dari TribunJabar.id, Pj Bupati Sumedang ini menemui langsung Komisaris Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo di Jakarta, pada Jum’at 26 Januari 2024.

Dalam pertemuan itu, Herman meminta kesediaan Noni untuk bisa menghadiri dan memberi materi dalam kegiatan peningkatkan kapasitas para kepala perangkat daerah di Kabupaten Sumedang daerah yang kini dipimpinnya.

Bak gayung bersambut, Noni pun menyatakan siap mentransfer ilmu dan pengalamannya kepada para kepala perangkat daerah di Kabupaten Sumedang.

Komisaris Utama Blue Bird, Noni Purnomo, mengucapkan terima kasih karena diundang langsung untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengelola perusahaan yang sudah berdiri selama 52 tahun kepada jajaran ASN Sumedang. 

Ia berharap, kegiatan capacity building tersebut bisa menjadi fondasi agar ASN tetap konsisten dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berkelanjutan. 

“Blue Bird punya visi berbagi kebahagiaan untuk membangun negeri. Ini relate (nyambung). Sumedang harus bagus dulu agar bisa berbagi kepada yang lain sehingga berdampak pula terhadap kemajuan Indonesia,” katanya.

Penjabat Bupati Sumedang Herman Suryatman menyampaikan, kolaborasi yang melibatkan sektor swasta tersebut dimaksudkan untuk memberikan penguatan pada para ASN, khususnya para kepala OPD di Sumedang. 

“Ini salah satu referensi kami untuk meng-setup (mempersiapkan) dan meng-upgrade (meningkatkan kompetensi) teman-teman para kepala OPD agar ada sebuah lompatan,” ucapnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk menyasar intermediate goals (tujuan menengah) yaitu tata kelola efektif, efisien, bersih dan akuntabel, pelayanan publik yang cepat, mudah dan murah dengan ultimate goals (tujuan akhir)nya rakyat sejahtera. 

“Kami sharing (berbagi) dengan Blue Bird dan meminta feedback (umpan balik) karena masih banyak ‘PR’ besar baik di intermediate goal termasuk reformasi birokrasi. Mudah-mudahan berdampak pada ultimate goals, terutama menurunkan angka stunting, kemiskinan dan pengangguran,” ujarnya. (AY)

author avatar
arif dengar.id

Komentar