Menpora Dito : Kreativesia Jadi Wadah Kolaborasi dan Pemberian Penghargaan untuk Pemuda

Dengar.id, SOLO – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo berharap ajang Kreativesia menjadi wadah kolaborasi dan memberikan penghargaan kepada pemuda kreatif.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka acara Kreativesia di Pura Mangkunegara Kota Solo Provinsi Jawa Tengah, Sabtu Malam (27/08/2023).

“Penyelenggaraan Kreativesia atau Pekan Kreativitas Pemuda merupakan upaya kita bersama untuk memberikan penghargaan kepada individu, komunitas dan lembaga yang telah berdedikasi menghasilkan karya-karya kreatif dan gagasan inovatif yang luar biasa,” ungkap Menpora Dito.

Tidak hanya itu, Menteri termuda ini juga menegaskan pentingnya kolaborasi. “Selain itu kami ingin komunitas saling bertemu, berbagi dan berkolaborasi di Kreativesia. Kreativesia Adalah ajang pertemuan komunitas yang berbasis hobi, isu, minat dan bakat dengan konsep mendidik sekaligus menghibur,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Menpora juga menyampaikan alasan memilih Kota solo sebagai lokasi berkumpulnya pemuda Indonesia.

“Terpilihnya Kota Solo sebagai tuan rumah ini bukan saja karna walikotanya keren, tetapi Solo yang akan mewakili Indonesia di seleksi jejaring kota kreatif Unisco,” paparnya.

Menpora berharap Kota Solo terpilih di ajang tersebut dalam kategori kerajinan dan kesenian rakyat.

“Saya senang agenda ini dapat memperkuat gotong royong antar pelaku industri kreatif, komunitas, akademisi dan pemerintah. Saya berharap melalui Kreativesia menjadi pondasi agar Kota Solo terpilih menjadi jejaring Creative Cities Network UNESCO,” tutup Menpora Dito.

Selanjutnya, Menpora asal politisi Golkar ini menyapa komunitas yang hadir diantaranya sepeda BMX, skater, musik, film, visien, kuliner dan Duta Pemuda Kreatif. Bahkan ibu-ibu berkumpul memeriahkan acara tahunan tersebut.

Hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo dan Raja Mangkunegara ke-X Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya. (AY)

author avatar
arif dengar.id

Komentar