Menteri Pertanian dan Menteri Pertahanan Hadiri Kegiatan Akselerasi Peningkatan Produksi Pangan Nasional di Kabupaten Sumedang

Dengar.id, SUMEDANG РKabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat, hari ini (Selasa, red) 30 Januari 2024 akan dihadiri dua Menteri Kabinet Indonesia Maju. Kedua menteri itu yakni Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sesuai agenda, keduanya aka menghadiri kegiatan akselerasi Peningkatan Produksi Pangan Nasional Jawa Barat, yang akan dilaksanakan di Halaman Pusat Pemerintah Sumedang (PPS).

Seperti diinformasikan Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman, usai memimpin rapat persiapan untuk penyambutan Menteri, Senin, (29/01/2024).

“Besok kita akan kedatangan Menteri Pertanian. Agenda utamanya, yaitu peningkatan ketahanan pangan untuk mengantisipasi El Nino,” ujar Herman Suryatman. 

Karena masalah ketahanan pangan ini melibatkan Kementerian Pertahanan, kata Herman, maka Menteri Pertahanan juga diagendakan akan ikut hadir ke Sumedang.

“Terkait rencana kedatangan Menteri Pertahanan, sampai sekarang kita masih menunggu kepastian, tapi sudah ada konfirmasi dari Pa Menhan,” kata Pj Bupati Sumedang.

Sesuai informasi yang diterima Pemkab Sumedang, sambung Herman, kegiatan Akselerasi Peningkatan Produksi Pangan Nasional Jawa Barat yang akan dilaksanakan di Kabupaten Sumedang ini, akan menghadirkan sekitar 60.000 tamu undangan. 

Puluhan ribu peserta yang akan hadir di Kabupaten Sumedang ini, di antaranya para Penyuluh Pertanian, LMDA, dan perwakilan Kelompok Tani dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Puluhan ribu peserta ini, akan diberikan pembinaan oleh Kementrian Pertanian, terkait upaya penguatan ketahanan pangan dalam rangka mengantisipasi El Nino,” ujarnya.

Pj Bupati Sumedang memastikan, agenda kunjungan Menteri Kabinet Jokowi ke Sumedang ini, murni merupakan agenda pemerintahan pada bidang pertanian dari Kementrian Pertanian.

“Saat ini memang sedang masa kampanye Pemilu. Namun terkait kunjungan Menteri ini, kami pastikan tidak ada kegiatan politik praktis, ini murni kegiatan pemerintahan bidang pertanian dari Kementrian Pertanian,” tutur Herman.

Maka dari itu, pihaknya bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), akan melakukan persiapan pengamanan secara optimal, supaya agenda pemerintahan yang akan dilaksanakan Kementerian Pertanian di Kabupaten Sumedang dapat berjalan dengan baik.

author avatar
arif dengar.id

Komentar