Kemenpora Gelar Rakor di Jayapura Bahas Program Wirausaha Pemuda

Dengar.id, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) mengandeng Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jayapura menggelar kegiatan Rakor Sinkronisasi Program Pilot Project Pendampingan Ekosistem dan Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda.

Kegiatan Rakor Sinkronisasi Program Pilot Project Pendampingan Ekosistem dan Kuliah Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda ini dilaksanakan di Hotel Horison Sentani-Papua, Sabtu (16/12/2023).

Adapun peserta kegiatan, sejumlah perwakilan Dinas dan OPD di wilayah Jayapura dan pemuda perwakilan dari beberapa organisasi kepemudaan di Kabupaten Jayapura.

Kegiatan FGD ini mengangkat tema “Membangun Karakter Entrepreneur Mandiri di Kabupaten Jayapura”. ”Tujuannya agar dapat tercipta ekosistem wirausaha yang baik dan sukses di Jayapura dan peserta pemuda yang hadir dapat tumbuh serta meningkat minatnya untuk berwirausaha,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemuda yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Hendro Wicaksono saat membuka secara resmi kegiatan ini.

Dalam sambutannya Hendro menyampaikan, harapannya agar kegiatan FGD dapat menjadikan ekosistem kewirausahaan yang baik di Jayapura.

“Semoga kegiatan FGD terkait ekosistem nanti dapat membuat ekosistem kewirausahaan yang sukses di Jayapura.” ujarnya.

Selanjutnya ia menyampaikan, agar para pemuda bisa memiliki cita-cita untuk sukses dan beranilah bermimpi, berani mencoba, berani gagal dan berani sukses.

“Beranilah bermimpi, kemudian berani coba-coba, berani gagal dan jangan putus asa apabila gagal. Karena kegagalan adalah hal biasa dan tidak menakutkan. Setelah itu beranilah sukses. Kuncinya adalah berani sukses dan terus mencari cara agar mencapai kesuksesan dan” imbuhnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Jayapura yang dalam hal ini diwakili Kadispora Jayapura Yaan Yoku menyampaikan, agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan dapat menjadikan kegiatan ini sebagai motivasi dalam berwirausaha.

Dikatakannya, kegiatan ini dapat meningkatkan minat kewirausahaan pemuda dan ekosistem kewirausahaan pemuda

Sementara itu dalam FGD, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda mengawali paparan tentang Ekosistem Kewirausahaan Pemuda, kemudian Ketua Kadin Kabupaten Jayapura memberikan materi ttg Kebijakan Kewirausahaan Pemuda di Kabupaten Jayapura.

Sedangkan dalam kegiatan penumbuhan minat, Analis Kebijakan Ahli Utama, Imam Gunawan memberikan materi tentang Pengantar Penumbuhan Minat Kewirausahaan Pemuda di Jayapura dilanjutkan tentang kisah sukses dari para pengusaha yaitu Maria Fransisca Tambingon selaku Pengusaha Peternakan Ayam Petelur dan Rafli Maulana selaku owner Me Time.

author avatar
arif dengar.id

Komentar