Bupati Dompu AKJ Pimpin Apel Siaga Bencana

Dengar.id, DOMPU – Menghadapi terjadinya bencana, Pemerintah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, menggelar apel kesiapasiagaan bertempat di Lapangan beringin, Selasa (05/12/23).

Bupati Dompu selaku pimpinan apel dalam amanatnya, mengatakan apel siaga bencana ini bertujuan agar adanya sinergisitas semua stakeholder terkait dalam menghadapi berbagai kemungkinan dampak resiko terjadinya bencana baik bencana alam, non alam maupun bencana sosial.

“Minimal bisa mengurangi atau meminimalisir dampak dari hal itu, walaupun kita tidak pernah menginginkan bencana itu terjadi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kader Jaelani menekankan beberapa hal yang harus mendapat perhatian dari semua pihak dalam mengantisipasi terjadinya bencana.

Pertama, mari kita tingkatkan sinergisitas antar stakeholder dalam upaya mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Kedua, melakukan pendekatan secara preventif kepada masyarakat terkait peran serta dalam menghadapi bencana.

Ketiga, menyiapkan mental dan fisik yang prima dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi sekaligus menghindari ego sektoral dalam penanganan bencana.

Keempat, melakukan pelatihan secara intens dan terpadu terhadap personil yang akan di tugaskan sehingga mereka siap dalam menjalankan tugas.

Dan Kelima melakukan pengecekan secara intens dan berkala terhadap seluruh peralatan agar peralatan tersebut siap pakai pada saat penanganan bencana.

Adapun yang bertugas sebagai Perwira Apel AKP Syamsurijal Kabag Ops Polres Dompu, Komandan Apel Kapten Invantri Adisan Pasi Intel Kodim 1614/Dompu.

Turut hadirdalam kegiatan ini, Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, Jajaran Forkopimda, Sekda, Pimpinan OPD, serta Pimpinan BMKG Sultan Salahudin dan Pimpinan Basarnas 3 Kabupaten Bima.

author avatar
arif dengar.id

Komentar