Kemenpora Gelar Pelatihan Keluarga Muda Berdaya di Banten

Tangerang Selatan: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) terus mempersiapkan pemuda tangguh Generasi Emas Tahun 2045. Kali ini Pelatihan Keluarga Muda Berdaya di Provinsi Banten, tepatnya di Hotel Sahid Serpong Kota Tangerang Selatan, Jumat (22/3).

Sebagai program berkelanjutan, Pelatihan Keluarga Muda Berdaya ini merupakan rebranding salah satu program Asisten Deputi Kepemimpinan Pemuda Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, yang di tahun 2023 lalu menyambangi berbagai kota dan daerah di Indonesia dengan sebutan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT).

Dalam sambutan pembukaan pelatihan, Deputi Pengembangan Pemuda Raden Isnanta menegaskan bahwa Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) secara nasional ada sisi kepemimpinan pemuda dan lapangan kerja yang masih harus secara masif diperjuangkan bersama.

“Dalam IPP Nasional, dua hal menempati posisi paling rendah yaitu kepemimpinan dan partisipasi pemuda serta lapangan kerja untuk dunia muda,” kata Deputi Isnanta.

“Oleh karenanya, spirit kepemimpinan dalam organisasi perlu ditingkatkan dan lapangan kerja harus didongkrak,” tambahnya.

Keluarga merupakan organisasi terkecil yang harus diberikan daya ungkit karena keluarga adalah pondasi yang fundamental untuk menuju Indonesia kuat.

“Pemerintah berharap, saya berharap, dari kalian yang ada disini melahirkan generasi emas 2045, yang mulai berperan dari sekarang disemua bidang dengan pilihan masing-masing, dan yang terpenting persiapkan untuk menjadi keluarga harmonis bisa menjadi inspirasi dan contoh bagi keluarga masyarakat lainnya,” tutupnya.

Sebelumnya, Asdep Kepemimpinan Pemuda Mulyani Sri Suhartuti sebagai penanggung jawab kegiatan melaporkan, kegiatan ini bertujuan melatih dan mendidik para pemuda untuk menjadi berkarakter bibit generasi emas.

“Kami laporkan, kegiatan ini diikuti oleh pemuda dari organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan are Tangsel yang salah satu tujuannya memberi pembekalan guna meningkatkan karakter pemuda yang tangguh berkarakter menuju generasi emas,” ucap Asdep Mulyani.

Sementara Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Selatan Nasrul Fuad, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora yang memberi kesempatan kepada pemuda-pemuda Tangerang Selatan mendapatkan pelatihan yang sangat berharga.

“Terima kasih kepada Kemenpora yang telah memberikan kesempatan 100 pemuda Tangsel mempersiapkan diri membentuk keluarga muda yang tangguh,” ucap Sekdis Fuad.

Perlu diketahui, pelatihan ini kelanjutan dari Seri 1 di Kota Bandung Jawa Barat. Untuk Seri 2 ini diikuti 100 peserta dari kalangan berbagai organisasi pemuda baik di kampus maupun sekolah-sekolah area Tangerang Selatan dan sekitarnya, serta dihadiri para narasumber yang kompeten di bidangnya.

Adapun para narasumber tersebut adalah, Dr. Drs. Yohan, M.Si (Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Kemenpora RI), Reza Indragiri Amriel (Ahli Psikologi Forensik), Isma Safitri (Youth Family Planning Enthusiast), Muhammad Maksum (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah). (cah/asdepkp)

author avatar
arif dengar.id

Komentar